Selasa, 13 Januari 2009

Teknologi Pertama di Dunia

- Teknologi High Precision Injection pertama di dunia
- Brake Energy Regeneration
- Automatic Engine Start/Stop Jakarta. BMW Group memperkenalkan proyek BMW

EfficientDynamic dengan tujuan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar sekaligus emisi gas buang. Proyek tersebut mengembangkan teknologi inovatif terbaru yang mengkombinasikan emisi yang rendah dan bahan bakar yang efisien dengan peningkatan performa dan kedinamisan. Dengan teknologi terbaru tersebut, konsumen BMW tidak perlu berkompromi, tetapi tetap menikmati mobil BMW yang dinamis dengan efisien dan ramah lingkungan. Teknologi High Precision Injection yang dikembangkan dalam proyek BMW EfficientDynamic adalah terobosan inovatif untuk mengatasi masalah untuk mendapatkan performa yang sporti tapi sekaligus hemat bahan bakar. Teknologi High Precision Injection tidak lagi memerlukan semprotan bensin dan udara dalam jumlah tertentu kedalam ruang pembakaran untuk menghasilkan campuran yang sempurna. Melainkan, campuran yang tepat dengan konfigurasi yang stabil dihasilkan oleh jet injeksi yang langsung masuk kedalam ruang pembakaran. Campuran bensin dan udara tersebut yang membakar daerah sekitar jet injeksi.
Oleh sebab itu para ahli juga menyebutkan teknologi ini sebagai jet-guided direct injection. Teknologi jet-guided direct injection tersebut memungkinkan mesin bekerja dengan hanya membutuhkan campuran yang irit baik pada saat gas (rpm) tinggi maupun pada saat berhenti sekalipun (idle) sehingga menjaga jumlah udara yang stabil setiap saat.
Klep injeksi yang berbentuk piezo-injector yang terletak antara klep dan busi dan juga ditengah-tengah ruang pembakaran adalah tantangan terberat sebelumnya untuk meletakannya diposisi tersebut karena temperatur dan tekanan dari klep dan busi yang sangat tinggi.
Dengan begitu teknologi ini mampu untuk memberikan keuntungan yang siknifikan terhadap konsumsi bahan bakar yang ekonomis sekaligus memecahkan solusi BMW untuk menghasilkan teknologi dengan mengandalkan pembakaran dalam jumlah yang kecil.
BMW Group merencanakan untuk menerapkan teknologi terkini tersebut terhadap semua model-modelnya bukan hanya terbatas pada model tertentu saja dimana nantinya akan memberikan sumbangan kepada masyarakat dan lingkungan dengan peningkatan siknifikan terhadap efisiensi bahan bakar. Teknologi ini akan diperkenalkan terlebih dahulu di Eropa dalam waktu dekat ini. Sementara, dengan meningkatnya ketersediaan bahan bakar yang bebas sulfur yang merupakan syarat utama untuk mesin jenis ini, High Precisison Injection juga akan diperkenalkan secara bertahap ke negara-negara lainnya.
Kelanjutan pengembangan teknologi inovatif dibawah proyek BMW EfficientDynamic adalah Brake Energy Regeneration dan Automatic Engine Start/Stop. Kedua teknologi tersebut berikut High Precision Injection merupakan satu kesatuan paket yang mampu menawarkan pemakaian bahan bakar yang lebih hemat lagi.
Brake Energy Regeneration dan Automatic Engine Start/Stop bekerja meningkatkan efisiensi bahan bakar dalam situasi dimana banyak tenaga yang tidak terpakai.
Brake Energy Regeneration memiliki konsep alternator pintar yang mengembalikan energi panas yang hilang di piringan rem. Secara sederhana, pada saat pengemudi menekan rem atau mengangkat kakinya dari pedal gas, tenaga kinetik mobil dikonversikan oleh alternator menjadi tenaga listrik dan dimasukan kedalam baterai. Tenaga ini juga mampu digunakan untuk sistem-sistem lainnya sehingga meringankan beban kerja alternator dan ruang pembakaran sehingga menghemat bahan bakar. Dengan begitu juga menambah torsi pada ban saat akselerasi sehingga hanya sedikit tenaga yang dibutuhkan untuk menjalankan alternator.
Teknologi lainnya dalah sistem Automatic Engine Start/Stop, diperkenalkan juga dengan nama Auto Start/Stop, yang akan menghentikan kerja mesin pada saat mobil berhenti, seperti saat di lampu merah. Seketika pengemudi menginjak kopling atau pedal gas, mesin akan hidup kembali secara otomatis.
Teknologi ini mampu menghemat beban bahan bakar cukup siknifikan di lalu lintas perkotaan yang memiliki kondisi jalanan yang stop and go, sekaligus sesuai dengan filosofy sederhana yaitu "mesin hanya akan hidup apabila dibutuhkan".
Komponen untuk mengaplikasi teknologi Brake Energy Regeneration dan Auto Start/Stop sudah terdapat perangkat keras yang sudah ada, sehingga biaya akan sangat efisien. Tambahan yang diperlukan hanya pada intellegent software yang menghubungkan sensor-sensor, starter dan alternator yang mengatur satu sama lain, dengan begitu proses mematikan dan menghidupkan mesin akan terasa nyaman dan handal.
Secara keseluruhan paket teknologi BMW EfficientDynamic mampu menghemat bahan bakar hingga sebesar 15% tergantung dari kondisi jalanan dan gaya mengemudi, disamping penghematan dari mesin BMW VALVETRONIC yang sudah terkenal dengan tingkat efisiensinya yang tinggi. Terobosan teknologi tersebut telah diperkenalkan di Frankfurt Motor Show 2005 dalam sebuah mobil konsep BMW X3 EfficientDynamic.
Pada saat melakukan pengembangan proyek BMW EfficientDynamic secara konsisten, BMW juga tetap melakukan pengembangan-pengembangan teknologi mesin terbaru lainnya. Oleh sebab itu BMW Group tidak menutup kemungkinan terhadap kesempatan bagi pengembangan-pengembangan teknologi baru dengan mengusahakan kerja sama yang tepat dengan pihak lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar